Wednesday 22 February 2017

Berbagi Pengalaman: Seleksi Psikotes dan Interview bank BCA

Hello, Jobseeker kali ini Admin akan berbagi cerita tentang pengalaman salah satu pembeli paket psikotes (Reno) ketika mengikuti seleksi perekrutan karyawan Bank di BCA. Cerita ini dikirim ke email admin seminggu yang lalu. Sebagai bentuk terima kasih atas sharing pengalamannya admin telah memberikan hadiah menarik untuk Reno
.


Sekedar informasi bahwa Reno(25 tahun,nama singkatan) merupakan lulusan Univ asal Jakarta dgn jurusan Sistem informasi, tahun lulus 2013. Reno sudah pernah bekerja sebagai IT Officer di salah satu start-up market place sebelumnya, kemudian mengirimkan lamaran pada bulan November 2016. 


Berikut cerita selengkapnya dari Reno. 

Ini gan saya akan mulai sharing pengalaman interview kemarin.

Pada bulan Januari 2017, saya dipanggil untuk melakukan interview oleh bank BCA tepatnya disalah satu gedung kawasan Slipi Kemanggisan (yang tinggal di jakarta rata-rata tahu gedung mana yang saya maksud), karena udah ngebet banget pindah kerja dengan semangatnya berangkat pagi hari naik transjakarta sekitar pukul 7.00 saya pun sudah tiba disana (disarankan tidak memakai kendaraan pribadi, karena parkirnya merepotkan dan masuk kawasan macet. Hari itu saya ijin gak masuk kerja ambil cuti seminggu sebelumnya.

Pemandangan dan pendapat dalam benak saya yaitu kondisi gedungnya cukup bagus, yahh walaupun lokasinya rawan macet. Untung dekat dengan halte transjakarta.

Oke saya langsung ke receptionist untuk menukarkan identitas diri  dengan kartu masuk.. saat itu antriannya cukup panjang karena pada hari itu ada seratusan orang yang ikut tes. Ingat jika anda menerima email panggilan wawancara sebelumnya jangan lupa di print kartu undangannya sebagai bukti ketika mendaftar di resepsionis, bawa juga CV, alat tulis lengkap serta pas foto sesuai ukuran.

Sesampai dikantor ternyata ada 40an orang yang sudah menunggu untuk melakukan psikotes dan interview. Saya dan teman-teman pelamar cukup lama juga menunggunya, akhirnya kami semua masuk dalam suatu ruangan lalu mengisi form pelamar kemudian mengumpulkan berkas yang disebutkan sebelumnya dalam email.

HRD kemudian menjelaskan sekilas tentang sejarah perusahaan, lalu deskripsi pekerjaan serta kriteria karyawan yang dibutuhkan. Kemudian selanjutnya mereka menjelaskan sekilas tentang petunjuk mengerjakan soal kemudian
 lembaran soal psikotes mulai dibagikan hehe.

soal" psikotes yang diberikan cukup umum seperti perusahaan" lainnya yaitu
1. Deret angka, Padanan kata, Kubus, soal logika, kemampuan dasar (TKD)
2. CFIT (yang berupa pemilihan gambar dan pola) Penting!
3. tes menggambar pohon, wartegg
4. Tes Kraeplin (tes koran) penting!
5. Soal Teori seputar IT 
6. lalu diminta menguraiankan pengetahuan tentang perusahaan (dlm bhs Inggris)

dari ke 6 tes tersebut, nomor 1 - 4 bisa dengan mudah dikerjakan (thanks to agan yang soal-soalnya mantab!) paling yang agak sulit untuk dikerjakan adalah pertanyaan tentang IT dan bahasa Inggris. jujur karena sudah 2 tahun lebih lulus banyak ilmu teoritis bidang IT ane udah lupa, maklum kerjaan sekarang lebih ke praktek dan fokus di market place. Sedangkan uraian bahasa Inggris dijawab sebisanya saja, terus terang saya tidak begitu pandai mengarang indah haha.

Walaupun dikatakan soal teori bidang IT, ternyata sulit juga kalau kita tidak ada persiapan untuk menghadapi soal-soal tersebut, setelah itu kami pun disuruh menunggu hasil tes untuk kemudian di umumkan peserta yang lulus pada jam 12 siang Bagi yang lulus akan langsung lanjut untuk interview.
Ternyata dari total 102 orang yang ikut tes ternyata hanya 22 orang yang maju ketahap Interview!!! (ketat seleksinya). Bagi yang lolos langsung mendapat nomor urut interview.


Sebelum giliran saya Interview ternyata waktu telah menunjukkan saatnya makan siang, dalam hati "wah bisa sampai sore ini". Karena tidak diberikan makan siang oleh kantor, terpaksa harus mencari makan sendiri (pingin makan gratisan). Saya pun bertanya sama resepsionis dimana kantin berada, yaitu di basement.

Sesampai disana banyak berbagai macam makanan yang ditawarkan dan harganya pun tidak terlalu mahal mengingat kantin perkantoran jakarta mahal". Oh iya, harga makanan berkisar antara 15-30rb, kalau engga pakai daging kalian bisa mendapatkan harga dibawah 15rb hahhaha..


Selesai makan, sekitar pukul 1.30 siang interview kembali dilanjutkan. Hrd memanggil nama saya, saat itu lumayan deg deg-an. Mulai deh pertanyaan" secara garis besar (seingat saya) yaitu
1. Deskripsi diri, kekurangan dan kelebihan saya (khusus ini disuruh bhs inggris)
2. Mengapa tertarik memilih job tersebut
3. Apa yang kita ketahui tentang posisi yang kita lamar
4. Uraian singkat tentang pengalaman kerja dan tanggung jawab dipekerjaan sebelumnya
5. Arti kejujuran dan independensi 

Interview HRD sepertinya lancar-lancar saja. Lanjut, setelah interview HRD saya pun diinformasikan bahwa akan hasilnya akan diumumkan seminggu kedepan. 

Pas di awal Februari saya diemail untuk Interview tahap 2 dengan user, kali ini interviewnya sudah ada jam yang diatur, sehingga cukup datang 1 jam sebelum jadwal.

Berdasarkan pengalaman saya secara garis besar user benar" bertanya tentang pengetahuan kita bidang IT dan Digital Banking, dan kita diminta memberikan solusi untuk case problem bidang IT yang disebutkan user, deg deg-an mulai muncul kembaliDisini mental dan pengetahuan kita benar-benar di uji mengenai cara dan sikap menjawab juga sangat penting, jangan terburu-buru menjawab dan usahakan tidak gugup. Usahakan pembicaraan menjadi dua arah, jadi tidak kaku dan tegang.

Akhirnya selesai juga interview user, dan disuruh menunggu satu-dua minggu untuk pengumuman tahap selanjutnya, yaitu medical check up. Saran saya rajin olah raga supaya badan tetap sehat dan hindari rokok sebisa mungkin.

TIPS melewati Psikotes dan Interview berdasarkan pengalaman saya:
  1. Jangan fokus pada soal-soal yang sulit kita kerjakan, karena kita diberikan waktu yang sangat singkat.
  2.  Agar otak kita terbiasa menghadapi soal-soal psikotes, maka tidak salahnya meluangkan waktu untuk mempelajari soal-soal psikotes, thanks to agan psikotes untuk soal-soalnya, banyak soal yang saya temukan sama persis dengan yang agan kirim di email (sekitar 80-90%). Pastikan jika melamar pekerjaan yang berkaitan dengan Matematika, IT atau Akuntansi anda harus latihan mengerjakan tes Kraeplin (tes koran) ini tes yang pasti akan anda hadapi
  3.  Pelajari ilmu dasar dari posisi yang kita lamar (Faktor ini sangat membantu lho diterima atau tidaknya kita).
  4. Latihan menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris adalah hal wajib jika anda melamar ke perusahaan berskala besar. Terutama dalam hal Grammar dan spelling!
  5. Cari tahu secara garis besar profile perusahaan dan job description yang kita lamar (tentu sangat aneh dan memalukan apabila  tidak mengetahui tentang perusahan yang kita dilamar, contohnya bergerak dibidang apa?, apa tanggung jawab dan tugas kita pada posisi tsb?,dll). Dari pengalaman ada kok pelamar yang engga tahu apa-apa dan bahkan engga bawa CV sama sekali !!
  6. Tetap Fokus dan Tenang saat interview. Berdasarkan pengalaman, saya saat itu gugup jadi dikasih pertanyaan malah bingung maksud pertanyannya dan lewat begitu saja karena engga konsen. 
  7. Deskripsikan bahwa kita sangat interest terhadap posisi yang kita lamar.
  8. Tidur yang cukup, membantu kita dalam interview dan psikotes lho !!!, ini biar lebih relx dan tidak gugup
Demikian sharing pengalaman saya semoga bermanfaat

Bacaan Lain
Soal dan Kunci Jawaban Psikotes UI-IST
Soal dan Kunci Jawaban Psikotes BLIT
Cara Menghadapi Psikotes
Psikotes untuk Masuk BUMN dan PNS
Soal Psikotes Bank BRI, MANDIRI, BNI, BTN
Kunci Jawaban Tes Kemampuan Verbal
Rahasia dibalik tes Menggambar Pohon, Orang dan Wartegg



Dengan paket psikotes kami anda tidak perlu lagi sampai repot mencari guru les privat atau Private Tutor untuk belajar tes masuk kerja dan tes CPNS.