Tuesday 7 February 2017

Apa saja jenis soal tes dalam psikotes kerja?

Apa Saja Jenis soal tes dalam Psikotes kerja?

Dalam psikotes terdapat beberapa jenis tes, seperti Tes Kemampuan Verbal, Tes Kemampuan Numerik, Tes Kemampuan Penalaran, Tes Kemampuan Spasial, maupun Tes Kepribadian. Masing-masing tes memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda dalam menilai kepribadian seseorang (calon karyawan/mahasiswa). Setiap jenis tes akan dijabarkan lebih lengkap di bawah ini.
1. Tes Kemampuan Verbal
Tes Kemampuan Verbal terbagi lagi menjadi beberapa subtes yang akan dijelaskan dalam tabel berikut.
Tes Kemampuan Verbal bertujuan untuk mengukur kemampuan berbahasa seseorang, mulai dari tata bahasa, perbendaharaan kata, hingga kecakapan seseorang memahami setiap kata dalam konteks tertentu. Tes ini sangat penting untuk mengetahui seberapa cepat seseorang menyerap dan menguasai informasi, serta menerjemahkannya.
Tips:
- Perbanyak perbendaharaan kata dari Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI) dan buku bacaan yang lain.
- Pertajam daya ingat!

2. Tes Kemampuan Kuantitatif
Tes Kemampuan Kuantitatif terbagi menjadi beberapa subtes yang akan dijelaskan dalam tabel berikut.


Tes Kemampuan Kuantitatif bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berhitung atau berpikir secara logis dan terstruktur. Dalam tes ini, akan diuji kemampuan Anda di bidang Matematika dasar. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir apabila merasa kurang jago dalam bidang Matematika, yang terpenting adalah bagaimana Anda dapat menggunakan logika berpikir Anda untuk memecahkan soal-soal perhitungan yang ada dengan tepat.
Tips:
  •        Berpikir praktis!
  •        Pakailah logika sehari-hari Anda!
  •  - Berlatih berbagai macam soal dalam setiap jenis tes kuantitatif

3. Tes Kemampuan Penalaran
Tes Kemampuan Penalaran terbagi menjadi beberapa subtes yang akan dijelaskan dalam tabel berikut.

Tes Kemampuan Penalaran bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang berpikir logis dan nalar (masuk akal). Jika kita memiliki skor tinggi pada tes ini berarti kemampuan pemecahan masalah kita dianggap baik. Tes penalaran ini dapat diselesaikan dengan logika matematika. Namun, logika sehari-hari pun sangat berperan untuk kesuksesan Anda menyelesaikan tes ini.
Tips:
  • Jangan berpikir rumit, berpikirlah dengan logika yang paling cepat.
  • Pelajari materi logika matematika (SMA) untuk menambah kecepatan Anda mengerjakan soal.

4. Tes Kepribadian
Tes Kepribadian bertujuan untuk menguji konsistensi, kecepatan, dan ketelitian seseorang. Tes kepribadian ditujukan untuk mengetahui bagaimana karakter seseorang. Perusahaan umumnya menggunakan tes ini untuk mengetahui kepribadian dari para pelamar kerja, sehingga dapat diukur apakah kepribadian mereka cocok dan sesuai dengan  kultur perusahaan, atau justru sebaliknya.

5. Tes Kemampuan Umum
Tes Kemampuan Umum ini terbagi lagi menjadi Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, Sejarah, UUD, Pemerintahan, dan lain sebagainya. Hal terpenting yang harus Anda miliki untuk menghadapi Tes Kemampuan Umum ini adalah wawasan yang luas. Oleh karena itu, sering-seringlah membaca koran, menonton berita, membaca buku-buku pelajaran Sejarah, Kewarganegaraan, maupun Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, dan SMA.


















EmoticonEmoticon