Monday 1 May 2017

Contoh Soal Jawaban dan Pembahasan Psikotes EPPS Tes Psikologi Keribadian Individu

Contoh Soal Jawaban dan Pembahasan Psikotes EPPS Tes Psikologi Keribadian Individu


KLIK UNTUK SOFTWARE DAN CARA SKORING EPPS


Psikotes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule) adalah tes yang meminta peserta tes psikotes untuk memilih kecenderungan (yang kita sukai) diantara 2 pernyataan. Walaupun ke-2 pernyataan tersebut tidak ada yang kita sukai, kita tetap harus memilih salah satu yang mendekati diri kita. Tujuan tes ini untuk mengukur kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya (ada 15 faktor pasangan item yang disajikan menjadi 225 pasang item soal)

Lima belas pasangan item yang diulang dua kali untuk skala konsistensi :
1.      Prestasi: Sebuah kebutuhan untuk menyelesaikan tugas dengan baik
2.      Menghormati: Sebuah kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan dan menunda untuk orang lain
3.      Order: Sebuah kebutuhan untuk merencanakan dengan baik dan terorganisir
4.      Pameran: perlu A menjadi pusat perhatian dalam sebuah kelompok
5.      Otonomi: Sebuah kebutuhan untuk bebas dari tanggung jawab dan kewajiban
6.      Afiliasi: Sebuah kebutuhan untuk membentuk persahabatan yang kuat dan lampiran
7.      Intraception: Sebuah kebutuhan untuk menganalisis perilaku dan perasaan orang lain
8.      Succorance: perlu A untuk menerima dukungan dan perhatian dari orang lain
9.      Dominasi: Sebuah kebutuhan untuk menjadi pemimpin dan pengaruh orang lain
10.  Penghinaan: Sebuah perlu menerima penyebab masalah dan mengaku kesalahan kepada orang lain
11.  Merawat: A, yang perlu bantuan untuk orang lain
12.  Perubahan: Sebuah kebutuhan untuk mencari pengalaman baru dan menghindari rutin
13.  Endurance: A perlu untuk menindaklanjuti tugas dan menyelesaikan tugas
14.  Heteroseksualitas: Sebuah kebutuhan untuk dihubungkan dengan dan menarik untuk anggota lawan jenis
15.  Agresi: Sebuah kebutuhan untuk mengekspresikan pendapat seseorang dan bersikap kritis terhadap orang lain

Berikut contoh pertanyaannya;

Perhatikan contoh di bawah ini:
A. Saya suka berbicara tentang diri saya dengan orang lain.
B. Saya suka bekerja untuk suatu tujuan yang telah saya tentukan bagi diri saya.
Yang manakah dari dua pernyataan tersebut lebih menggambarkan diri Anda?
  1. Bila Anda lebih suka pernyataan A daripada B, maka hendaknya Anda memilih A. Tetapi bila Anda lebih suka pernyataan B daripada A, maka hendaknya Anda memilih B.
  2. Mungkin Anda suka atau bahkan tidak suka A dan B kedua-duanya. Dalam hal ini, Anda tetap diharapkan tetap memilih satu saja di antara dua. Pilihlah yang paling menggambarkan diri Anda.
contoh lainnya:
A. Saya suka menolong teman-teman saya, bila mereka berada dalam kesulitan.
B. Saya ingin melakukan pekerjaan apa saja sebaik mungkin.
A. Saya ingin mengetahui bagaimana pandangan orang-orang besar mengenai berbagai masalah yang menarik perhatian saya.
B. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan atau sedang khusus.
A. Saya ingin agar setiap pekerjaan tulisan saya teliti, rapi, dan tersusun dengan baik.
B. Saya ingin menjadi seorang ahli yang diakui dalam salah satu pekerjaan, jabatan atau bidang khusus.
Bentuk pertanyaan inilah yang harus anda selesaikan. Biasanya soal EPPS ini berjumlah 100, anda harus menyelesaikannya dalam waktu 24 menit, jawablah setiap pertanyaan yang mencerminkan posisi pekerjaan yang sedang anda lamar.

dibawah ini adalah gambar lembar jawaban untuk soal psikotes EPPS (resolusi rendah). 

Penggunaan soal EPPS sering kali dipakai untuk tes Psikologi kepribadian calon karyawan/pekerja, hasil EPPS ini dipakai untuk memutuskan apakah seseorang bisa bekerja sesuai dengan pekerjaan yang dilamarnya atau tidak. Hal ini untuk menghindari orang yang tidak cocok kepribadiannya dengan posisi yang dilamar.

Bagi yang ingin memiliki soal Psikotes EPPS dan pembahasan lengkapnya silahkan membaca artikel berikut:\



atau anda masih cari lowongan kerja? Infomasi lowongan kerja terupdate: 
Follow Instagram: IG_Loker

2 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

alhamdulillah, makasih gan buat tipsnya, ane jadi punya gambaran sebelum ngerjain tes ini


EmoticonEmoticon