Tuesday 27 August 2019

Mengenal lebih baik psikotes IST Amthauer a.k.a Tes IQ

Mengenal lebih baik psikotes IST atau dikenal juga (a.k.a) sebagai Tes IQ 

Yang akan dibahas pada artikel ini:
1. Sekilas tentang tes IQ a.k.a IST
2. Sejarah dan Validitas IST
3. Penggunaan IST Amthauer

Artikel terkait: IST Amthaeur: Tes Kecerdasan yang bermanfaat buat pebisnis online dan HRD yang cari karyawan, calon karyawan juga perlu tahu


miliki aplikasi ini: Aplikasi Tes IQ | Aplikasi Skoring psikotes IST

1. Sekilas tentang tes IQ a.k.a IST Amthauer

Sebelumnya perlu dicatat yang kita bahas adalah IST versi Amthauer, diluar sana tersebar berbagai macam soal IST hasil adaptasi, Amthauer adalah salah satunya yang tertua dipakai di Indonesia.
Pernah ikut TES Intelligent Quotient (IQ) waktu SD, SMP, SMA atau waktu masih kuliah? penulis yakin banyak pembaca yang sudah pernah mengikuti tes ini bahkan mungkin lebih dari satu kali. Umumnya tes IQ dipakai saat kamu menentukan penjurusan di SMA, namun ada juga sekolah SD atau SMP yang melakukan tes IQ untuk kebutuhan tertentu. Dibawah ini disajikan tingkatan IQ berdasar Klasifikasi Skala Stanford-Binet.

0 – 79        =  Tingkat IQ rendah atau keterbelakangan mental
80 – 90      =  Tingkat IQ rendah yang masih dalam kategori normal (dull normal)
91 – 110    =  Tingkat IQ normal atau rata-rata
111 – 120  =  Tingkat IQ tinggi diatas rata rata dalam kategori normal (bright normal)
120 – 130  =  Tingkat IQ superior
131 atau lebih = Tingkat IQ sangat superior atau jenius.


catatan: Penghitungan Hasil tes IQ dipengaruhi faktor Umur dan lain lain.

Berapa hasil tes IQ terakhir yang kamu ikuti? Penulis sendiri sudah dua kali semasa sekolah mengikuti tes IQ, yang pertama saat SD kelas 6 dengan hasil 125 dan yang kedua saat SMA kelas 10 dengan hasil 141. Sekedar informasi IQ Einstein, orang jenius di abad lalu, diperkirakan ada pada 160 dan kini sudah ada puluhan orang yang tercatat IQ nya lebih tinggi dari einstein.

Sementara di Indonesia rata rata tingkat IQ seseorang adalah 87 yang masuk kategori rendah dan ada dalam peringkat 20 dunia.

butuh file ist amtheur dan skoringnya? hubungi kami


2. Banyak yang mungkin bertanya hasil tes IQ / IST amthauer itu sah/valid kah?



Metode Tes IQ yang paling banyak dipakai dalam sejarah adalah tes Intelligence Structure Test (IST) maka tidak salah kalau penulis menyebutnya sebagai Tes IQ karena istilah tersebut lebih populer, meskipun ada beberapa metode tes IQ lain yang akan dibahas dilain waktu.

Tes IST atau Psikotes IST dikembangkan oleh ilmuan psikologi Rudolf Amthauer di Frankfurt, Jerman. Amthauer mendefinisikan inteligensi sebagai keseluruhan struktur dari kemampuan jiwa-rohani manusia yang akan tampak jelas dalam hasil tes.  IST sendiri merupakan kependekan dari Intelligenz Struktur Test. Tes ini dikembangkan pertama kali di Jerman pada tahun 1953 dan sudah direvisi sebanyak kurang lebih 4 kali revisi dengan sedikit perubahan pada subtest dan perubahan kriteria usia dari peserta tes.


Psikotes IST yang digunakan di Indonesia adalah IST hasil adaptasi Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran Bandung. Adaptasi dilakukan kepada IST-70. Tes ini pertama kali digunakan oleh Psikolog Angkatan Darat Bandung, Jawa Barat (Polhaupessy, dalam Diktat Kuliah IST UNPAD, 2009).

Bisa kita lihat bahwa tes IST Amthauer tidak muncul dalam 1-2 tahun saja, tapi sudah melaui pengembangan dan pembaruan serta adaptasi puluhan tahun baik dari skala internasional maupun penggunaannya di Indonesia sehingga bisa dikatakan cukup Valid dan Sah digunakan.

Penggunaan IST Amthauer


IST sendiri sebenarnya terdiri dari 9 subtes yang dapat diselesaikan dalam waktu 144 menit (waktu bisa lebih pendek dalam penyelengaraan tes asli) dan ditujukan untuk orang dengan umur 14-60 tahun. Penggunaannya sangat luas antara lain:

1. Untuk keperluan rekrutmen perusahaan, tentunya perusahaan mau karyawannya memiliki skor IQ yang bagus dan tidak jelek, hal ini berpengaruh kepada kinerja karyawan dan kecepatannya dalam belajar hal baru.
2. Untuk penjurusan saat SMA/K dimana hasil tes IQ akan menjadi faktor penting apakah seseorang bisa masuk jurusan tertentu, kalau IQ kamu kurang maka kemungkinan besar tidak bisa masuk jurusan yang butuh kemampuan inteligensi tinggi seperti jurusan IPA di SMA.
3. Untuk Tes masuk Perguruan tinggi atau sekolah, banyak perguruan tinggi tidak mau punya mahawsiswa yang "dull wited" setidaknya kamu harus ada dalam rentang IQ rata rata untuk bisa belajar di perguruan tinggi.
4. Untuk rekrutmen Karyawan UMKM atau bisnis online, tentunya pebisnis online atau umkm ga mau kan kalau punya admin yang IQ nya dibawah rata rata, justru biasanya diperlukan yang diatas rata rata karena bisnis Online itu mesti pintar melayani berbagai macam tingkah pembeli

dan masih banyak kegunaan lain


EmoticonEmoticon