Psikotes GATB (General Aptitude Test Battery)
General Aptitude Test Battery (GATB) disusun oleh oleh Charles E. Odell dari United States Employes Services. PsikoTes ini digunakan untuk konseling pekerjaan di States Employment Service Office. Test ini terdiri dari Terdiri dari 12 subtes yang mengukur 9 jenis bakat. GATB termasuk tes bakat. Pada umumnya, tes bakat dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
- Test
Special Aptitude: terfokus pada satu bakat saja. Misal mengukur bakat
dibidang teknik mekanik, bakat pekerjaan tertentu (klerikal) dsb.
- Bateries
test: Terdiri dari sejumlah tes, dapat diperoleh analisis profil untuk
seseorang individu (intra individu).
Tes GATB masuk sebagai test special aptitude,
yang mana dikhususkan untuk mengukur bakat secara spesifik. Contoh tes lain
yang mengukur tes bakat secara spesifik seperti IST (Intelligence
Structural Test), FACT (FlanaganAptitude Classification Test), DAT (Differential
Aptitude test) dan lain-lain.
Aptitude yang diukur Tes GATB adalah:
Aptitude G: Intelligence. Merupakan kemampuan belajar secara umum yaitu kemampuan menangkap dan mengerti konsep prinsip, penalaran dan pembuatan keputusan. Memiliki hubungan kuat dengan keberhasilan di sekolah.
Aptitude V: Verbal (Subtes 4: Vocab). Merupakan kemampuan untuk mengerti arti dari beberapa kata dan penggunaan kata secara efektif, Kemampuan mengerti bahasa secara komprehensif, dan mengerti hubungan antar kata dan mengerti arti keseluruhan paragraf.
Aptitude N: Numerical (Subtes 2: Computation dan sub tes 6: arithmatic reason). Kemampuan melakukan operasi angka secara cepat dan tepat.
Aptitude S: Spatial (Subtes 3: dimentional space). Kemampuan untuk berpikir secara visual pada bentuk geometris, kemampuan untuk menangkap objek tiga dimensi dan kemampuan mengingat hubungan yang dihasilkan dari gerakan suatu objek dalam ruang.
Aptitude P: Form Perception . Diukur dengan subtes 5: (tool maching) dan sub tes 7 (form matching) Mengukur kemampuan untuk melihat bagian dari benda, gambar dan grafik. Kemampuan melihat perbandingan dan pembedaan secara visual, melihat perbedaan yang nyata pada bentuk atau bayangan dari suatu figur dan panjang lebar suatu grafis.
Aptitude Q: Clerical Perseption·
Diukur dengan subtes 1 (name comparation). Mengukur kemampuan untuk mengungkapkan objek klerikal (angka dan huruf). Kemampuan persepsi terhadap komputasi secara sepintas.
Aptitude K: Motor kordination. Diukur dengan subtes 8 (Mark Making). Mengukur kemampuan mengordinasikan gerakan otot mata, tangan dan jari dengan terampil dan teliti dalam gerakan yang cepat dan tepat.
Aptitude F: Finger Dexterity. Diukur dengan subtes 11 (Assemble) dan subtes 12(Dissemble). Mengukur kemampuan gerakan jari-jemari, memanipulasi objek kecil secara terapil dan teliti.
Aptitude M: Manual Dexterity. Diukur dengan sub tes 9 (Plan) dan subtes 10 (Turn).Mengukur kemampuan menggerakkan tangan dengan mudah dan terampil, dan mengukur kemampuan bekerja dengan tangan dalam menempatkan dan memindahkan.
Instruksi yang Digunakan Tes GATB.
Sebelum Hari Pengetesan:
- Mengerti
sifat dan tugas pengetesan: Tes yang akan diberikan, dan alasan pemberian
tes
- Menentukan
nomor yang akan di teskan pada satu waktu: menentukan penyusunan
perencanaan
- Menentukan
hari yang tepat untuk tes. Menghindari hari sebelum hari libur,
menghindari konflik dengan istirahat kelompok lain, memastikan ada banyak
waktu luang
- Memperolah
dan memeriksa materi – materi tes: petunjuk adminitrasi, petunjuk penilain
atau scoring
- Buku
– buku tes satu untuk masing – masing testee dan tester dan lembar jawaban
satu untuk masing – masing testee dan tester
- Pensil
(regular atau spasial), stopwatch atau pengukur waktu lainnya dan kunci
scoring serta menyediakan tanda “ ada tes jangan diganggu “
- Perlengkapan
lainnya (kertas coretan dll)
- Mempelajari
tes dan instruksi dengan cermat : Membiasakan diri dengan pemberian tes
secara umun, batasan waktu, intruksi, metode petunjuk menjawab (latihan).
Kalau bisa coba tes pada diri anda sendiri (latihan).
- Mengatur
atau menyusun materi – materi yang dibagikan dan perlu juga menghitung
nomor
- Memutuskan
atau menentukan materi – materi mana yang akan dibagikan dan dikumpulkan
- Memasang
tanda “ sedang ujian jangan di ganggu “
- Melihat
atau memeriksa meja – meja apakah sudah bersih
- Memeriksa
apakah testee sudah menyerutkan pensilnya
- Memeriksa
pencahayaan
- Mamariksa
fentilasi udara
- Membuat
penyusunan rencana
- Membagikan
materi berdasarkan perintah yang telah di tentukan
- Memperingatkan
testee untuk tidak memulai sebelum diperingatkan
- Memastikan
semua informasi tertulis pada buku atau lembar jawaban
- Membacakan
petunjuk sesuai dengan yang diberikan
- Beri
tanda untuk memulai
- Tulis
waktu memulai dan mengakhiri di depan tulis
- Bergerak
dengan tenang pada ruangan untuk: memastikan testee menjawab di tempat
yang tepat, memastikan testee melanjutkan menjawab soal, memastikan testee
berhenti pada akhir tes, mangganti pensil yang rusak, mendorong testee
untuk tetap mengerjakan hingga waktu habis, memastikan tidak menyontek dan
menyarankan testee untuk segera menyelesaikan .Melarang gangguan dari luar
atau tidak mengijinkan pihak luar menganggu.
- Berhenti
di waktu yang sudah di tentukan
- Mengumpulkan
materi, berdasarkan perintah yang telah ditentukan
- Menghitung
buku dan lembar jawaban
- Memuat
catatan tiap kejadian yang diamati yang mungkin senderung menjadikan skor
tidak valid yang dilakukan oleh testee
10 Contoh Cara Menjawab Soal Jebakan Wawancara Kerja
Tips Wawancara: Bohong saat Wawancara kerja? Apakah ketahuan?
Berbagi Pengalaman: Seleksi Psikotes dan Interview bank BCA
Dengan paket psikotes kami anda tidak perlu lagi sampai repot mencari guru les privat atau Private Tutor untuk belajar tes masuk kerja dan tes CPNS.
atau anda masih cari lowongan kerja? Infomasi lowongan kerja terupdate:
Follow Instagram: IG_Loker
EmoticonEmoticon