Monday 23 October 2017

MSDT: Psikotes Untuk Melihat Potensi Gaya Kepemimpinan Seseorang

Alat Test MSDT. Bagi anda yang sudah malang melintang di dalam dunia kerja, pastinya anda sering melakukan test yang menunjukkan bagaimana tipe kepemimpinan anda dalam bekerja. Tipe kepemimpinan atau leading style ini sangat diperlukan oleh perusahaan agar bisa sejalan dengan visi dan misi perusahaan.
Oleh karena itu, perusahaan akan bekerja keras untuk mencari kandidat dan juga orang-orang yang memiliki tipe kepemimpinan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, dan bisa membawa perusahaan ke dalam sukses.
Selain itu, kepemimpinan juga sangat dibutuhkan untuk melakukan pembinaan dan juga bimbingan kepada anak buah dan juga bawahan. Mereka yang memiliki tipe kepemimpinan yang baik akan lebih mudah dalam mengatur anak buah dan juga bawahan, yang tentu saja akan turut membantu menjalankan roda perusahaan dengan baik.

Alat Test MSDT


Bagaimana Mengukur Kepemimpinan Seseorang?

Kepemimpinan merupakan salah satu trait individual yang cukup sulit apabila harus diobservasi secara langsung, karena membutuhkan waktu supaya bisa memastikan kemampuan seseorang dalam memimpin. Namun demikian, salah satu cara simple yang bisa dilakukan untuk melihat kepemimpinan, dan bagaimana seseorang mampu bertindak dalam situasi tertentu adalah menggunakan alat test psikologi yang dikenal dengan nama MSDT.

Apa itu MSDT?

MSDT merupakan salah satu alat test psikologis yang sudah terstandardisasi, yang mengukur mengenai kemampuan atau trait kepemimpinan seseorang dalam organisasi. MSDT merupakan kependekan dari Management Style Diagnostic Test. Test ini terdiri dari beberapa pasang pernyataan, dimana peserta harus menjawab atau mengisi salah satu pernyataan yang paling sesuai dengan kondisi dirinya.
Terdapat banyak pernyataan yang berhubungan dengan bagaimana cara seseorang mengatur bawahan, memecahkan masalah dalam situasi tertentu, dan berhubungan dengan berbagai kemampuan manajemen seseorang.
Perlu diingat, tidak ada jawaban salah dan juga jawaban yang benar dalam pengerjaan test ini. Cukup isi sesuai dengan kondisi anda, dan yang paling sesuai dengan diri anda saat mengerjakannya.

Bagaimana MSDT Bisa Mengungkap Gaya Kepemimpinan Seseorang?

Setelah semua pernyataan yang disajikan dalam buku test MSDT selesai diisi (pastikan tidak ada yang terlewat), maka skoring akan berlanjut sesuai dengan norma-norma dari test tersebut. Setelah proses skoring selesai, maka hasil yang akan muncul adalah berupa tipe kepemimpinan dan juga bagaimana tipe kepemimpinan tersebut dalam mengatasi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan organisasi dan juga perusahaan.
Namun, meskipun MSDT adalah salah satu alat test psikologi yang sudah baku dan terstandar dalam mengungkap kemampuan dan gaya manajemen seseorang, bukan berarti alat test ini adalah satu-satunya alat test yang menentukan apakah anda bisa diterima di dalam organisasi tersebut, atau tidak.
Test MSDT ini nantinya akan diintegrasikan dengan alat test lainnya, mulai dari inteligensi, kepribadian, problem solving, dan sebagainya guna memastikan konsistensi anda dalam memimpin suatu organisasi, ataupun divisi.

Anda masih cari lowongan kerja? Infomasi lowongan kerja terupdate:
Follow Instagram: IG_Loker


EmoticonEmoticon