Monday 3 June 2019

Apa itu Psikotes? Tips menghadapi psikotes

Bagi pembaca blog psikotes ini pasti sudah sering mendengar istilah psikotes, pernah baca istilah psikotes dan bahkan sudah pernah ikut psikotes. Mungkin masih ada adek adek yang baru mengenal istilah psikotes ini. Artikel ini akan bahas secara singkat mengenai psikotes, pembahasannya kita buat singkat biar bisa dipahami cepat.



1. Apa itu Psikotes? 


Berikut definisi psikotes  yang diberikan ahli:

Peters & shetzer (1974) mendefinisikan arti psikotes sebagai suatu prosedur / langkah-langkah yang sistematis untuk mengobservasi tingkah laku individu dan menggambarkan tingkah laku itu melalui skala angka atau sistem kategori


Anne & Anastasi (1990) menjelaskan pengertian psikotes: A Psychological test essentially an objective and standardized measure of a sampel of behavior.

Definisi psikotes menurut buku teks psikologi:

Psikotes adalah istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan Serangkaian Tes Psikologi (Psychological Assessment) yang dilakukan untuk mengukur dan mengetahui gambaran diri testee (orang yang di tes) secara menyeluruh mulai dari kemampuan kognitif, kondisi emosional, motivasi, kepribadian, kecenderungan sikap dan aspek lainnya terkait kondisi psikologis seseorang.

Aspek yang umumnya diukur dalam psikotes:
1. Aspek Intelektual (Seperti Tes IQ, Tes skolastik, Tes deret angka numerik, tes logika formil, dll) contoh psikotes yang biasa dipakai adalah CFIT (Culture Fair Intelligence test), tes IST dan lainnya.

2. Aspek Kepribadian (Seperti tes EQ, tes sifat, tes kejujuran, tes kecendrungan) contoh psikotes yang sering dipakai seperti MMPI, 16 PF, EPPS

3. Aspek Performa dan Prilaku kerja (Tes jenis ini biasanya lebih spesifik mengenai kecendrungan individu dalam melakukan aktivitas kerja atau menghadapi masalah juga performa kerja seperti endurance dll) contoh psikotesnya adalah MSDT, Tes Kraeplin.

Baca juga: Ini dia Rahasia dibalik psikotes kraeplin yang selebar Koran

Penggunaan Psikotes


Psikotes banyak sekali penggunaannya dalam sehari hari misalnya:
1. Tes masuk institusi pendidikan ternama: Psikotes masuk SMA, Psikotes masuk Kuliah, psikotes Beasiswa seperti LPDP, Psikotes TNI, psikotes POLRI, Psikotes sekolah kedinasan seperti STAN STIS dll
2. Tes seleksi karyawan : Psikotes masuk kerja, Psikotes masuk bank BCA, Psikotes BRI, Psikotes BNI, Psikotes Mandiri, Psikotes Unilever, Psikotes Sampoerna, Psikotes Pertamina, psikotes masuk BUMN, psikotes untuk CPNS dan psikotes naik jabatan
3. Psikotes untuk kebutuhan klinis: biasanya dipakai untuk kebutuhan psikiatri

Tips Menghadapi Psikotes



1. Baca banyak artikel psikotes di blog ini dan pahami jenis psikotes yang akan kamu hadapi
Daftar bacaan Artikel:

Klik disini untuk daftar bacaan artikel psikotes

2. Latihan mengerjakan psikotes, kamu bisa dapatkan informasi mengenai soal latihannya disini

Klik disini untuk informasi mendapatkan soal latihan psikotes 

3. Persiapan mental dan fisik
Mengerjakan psikotes butuh konsentrasi tinggi, oleh karena itu semua persiapan sudah harus siap sebelum kamu berangkat ke tempat psikotes jangan sampai karena lupa bawa dokumen membuat konsentrasimu buyar.





EmoticonEmoticon