Tuesday 27 March 2018

Panduan Cara melaksanakan tes, Skoring dan Interpretasi hasil dari Tes EPPS

Cara Melaksanakan Skoring dan Interpretasi hasil dari Tes EPPS

Kata psikotes sering membuat orang menghubungkannya dengan serangkaian tes berupa menyelesaikan soal cerita, soal pola bilangan, tebak gambar, menyusun kata dan lain lain. Namun sebenarnya psikotes itu sendiri juga ada yang berupa tes kepribadian. Seperti tes Papi Kostick, Tes DISC dan yang juga sering dipakai adalah psikotes EPPS.

EPPS adalah singkatan dari EDWARD PERSONAL PREFERENCE SCHEDULE. EPPS merupakan serangkaian tes kepribadian yang mengharuskan testee untuk memilih 2x 225 item pernyataan yang cocok dengan dirinya.


Cara Melaksanakan dan mengawasi Pelaksanaan PSIKOTES EPPS:

Tidak ada batas waktu untuk mengerjakan soal EPPS, namun subyek di motivasi untuk mengerjakan secepat-cepatnya kurang lebih 45 menit. Hal ini dilakukan untuk menekan social desirability. Jika memberikan waktu seluas-luasnya, maka subyek diberikan waktu berpikir lebih lama, sehingga akan memengaruhi jawaban yang diberikan subyek.


1. Instruksi
- Pada halaman-halaman berikut, Anda akan membaca sejumlah pernyataan mengenai berbagai hal yang mungkin menggambarkan diri Anda atau mungkin juga tidak menggambarkan diri Anda, dan pernyataan-pernyataan tersebut selalu disajikan berpasangan.

Perhatikan contoh dibawah ini :
A: Saya suka bebicara tentang diri saya dengan orang lain
B: Saya suka bekerja untuk suatu tujuan yang telah saya tentukan bagi diri saya.

Manakah dari dua pernyataan tersebut yang lebih menggambarkan diri Anda?

Disini testee diharuskan memilih salah satu dari 2 pilihan diatas dan tidak boleh di kosongkan ataupun memilih keduanya.

Perlu diingat, Ini bukanlah suatu tes kecerdasan, dimana disini tidak ada jawaban yang tergolong betul atau salah. Apapun yang Anda pilih, hendaknya merupakan suatu penggambaran dari hal-hal yang Anda lakukan atau perasaan Anda. Tetapkan pilihan Anda setelah membaca pernyataan yang berpasangan ini, dan jangan ada yang Anda lewati tanpa memilih. Pasangan-pasangan pernyataan ada pada halaman-halaman berikut ini serupa dengan contoh yang telah diberikan di atas. Bacalah setiap pasangan dan pilihlah pernyataan yang lebih menggambarkan diri Anda dengan cara melingkari huruf A atau B.


CARA melakukan SKORING EPPS

Saat ini ada dua teknik yang bisa digunakan untuk melakukan skoring dari psikotes EPPS.


Pertama: Skoring secara manual 

Yang pertama dan paling umum adalah cara konvensional yaitu dengan dilakukan secara Manual. Untuk melakukan secara manual maka pelaksanaan tes EPPS harus dilakukan menggunakan lembar jawaban khusus untuk tes EPPS




Skoring tes EPPS secara manual adalah sebagai berikut :

A. Buatlah garis lurus dengan warna merah dari nomor-nomor :
  • No. 1 sampai dengan no. 25, melalui 7, 13, 19.
  • No. 101 sampai dengan no. 125, melalui 107, 113, 119.
  • No. 210 sampai denmgan no. 225, melalui 207, 213, 219.

B. Nomor-nomor yang terkena garis merah, tidak diperhitungkan dalam menjumlah untuk mendapat skor kepribadian.

  • No. 26 sampai dengan no. 50 melalui 32, 38, 44.
  • No. 51 sampai dengan no. 75 melalui 57, 63, 69.
  • No. 151 sampai dengan no. 175 melalui 157, 163, 169.

Nomor-nomor ini meskipun diberi garis, akan diperhitungkan dalam menjumlah untuk mendapat skor kepribadian.

C. Dihitung jumlah huruf A yang dilingkari pada baris pertama dan seterusnya dari kiri-ke kanan. Jumlah yang diperoleh tersebut ditulis dibawah kolom r.

D. Dihitung jumlah huruf B yang dilingkari pada kolom pertama dan seterusnya dari atas ke bawah. Jumlah yang diperoleh tersebut dituliskan dibawah kolom c.

E. Setelah dihitung semuanya, akan diperoleh jumlah skor pada kolom r dan kolom c yang berdampingan dijumlahkan dan hasilnya dituliskan pada kolom s.

F. Angka tertinggi pada kolom s adalah 28, dan jumlah ini adalah skor keseluruhan dari personality variable. Untuk mengetahui apakah jumlah itu benar, dapat dilihat dari jumlah keseluruhan kolom s yang harus dicapai tepat 210. Kalau ternyata jumlahnya lebih atau kurang, maka hal ini mungkin ada kesalahan menghitung skor A atau skor B. Oleh karena itu, penghitungan harus diulangi kembali hingga jumlahnya menjadi 210.

G. Untuk melihat konsistensi (con) jawaban subyek, bandingkan jawaban-jawaban yang dilingkari pada nomor-nomor:

-       1 vs 151,                26 vs 101,                   51 vs 201
-       7 vs 157,                32 vs 107,                   57 vs 207
-       13 vs 163,              38 vs 113,                    63 vs 213
-       19 vs 169,              44 vs 119,                   69 vs 219
-       25 vs 175,              50 vs 125,                   75 vs 225

Nomor-nomor tersebut dilalui oleh garis-garis lurus yang berwarna merah atau berwarna biru. Bila ada kesalahan antara kedua jawaban (berbeda). Berilah tanda pada kotak yang tersedia dibagian paling bawah dari kertas jawaban. Seluruh tanda dijumlahkan dan hasilnya dituliskan pada tempat “con”.

H. Jumlah tertinggi adalah 15, sedangkan konsistensi dibawah 9 adalah meragukan dan tidak perlu di interpretasi.

I. Untuk menentukan percentile dari raw score sesuai tabel percentile yang telah disusun sebelumnya (norma standar). Dan raw score yang tertera dituliskan dibawah kolom ss, profil variabel yang tergambarkan adalah kesimpulan tentang diri subjek, terutama kecenderungan-kecenderungan yang dimilikinya itu diatas mean (+) dan berada dibawah mean (-). Bila berada diantara atau tepat pada mean, kecenderungan-kecenderungan tersebut menunjukan hal yang wajar.

Yang perlu dipertimbangkan:  SKORING TES EPPS secara Manual diatas itu kelebihannya murah, tapi ribet, bikin repot dan kalau ada banyak yang akan diskoring anda bakal GEMPOR!!!

Bayangkan untuk 1 orang ada 1 kali skoring ada 225 item yang anda perlu kerjakan secara teliti, seandainya ada 10 orang? ada 50 orang? yang jelas 1 hari tidak selesai ya....


Kedua: Cara SKoring Psikotes EPPS dengan Software skoring EPPS

Nah Cara kedua ini lebih sederhana dan cepat. Anda hanya butuh 3 hal:
1.Software skoring EPPS (bisa di windows dan Mac, tidak perlu instal karena berupa file excel)
2. Soal PSIKOTES EPPS yang lengkap dan Tersusun benar! (Di Internet ada banyak beredar, tapi sayangnya hampir semuanya tersusun tidak teratur dibandingkan dari soal asli!)
 3. Lembar Jawaban EPPS (Lembar ini bisa anda buat sendiri, tidak perlu format khusus yang penting ada 225 item pilihan A/B)

Cara Pelaksanaan Skoring:

1. Anda siapkan SOAL EPPS beserta Lembar Jawaban dan minta testee untuk mengisinya.
ATAU Anda bisa minta testee untuk langsung menginput jawaban pada komputer sehingga anda tidak perlu menginput jawaban sendiri.

NO 1-6


NO 148-152



2. Setelah selesai di isi yang anda lakukan hanya lah menginput jawaban (bila anda mau menginput sendiri)



3. Jangan lupa memasukan nama testee, jenis kelamin dan pekerjaan. Serta Kode untuk Testee yang telah disediakan oleh software.



Sebelum langkah berikutnya, pastikan indikator pengecekan yang ada pada software menyatakan langkah anda sudah benar dan data telah lengkap. Jika ada yang salah input maka indikator akan memberitahukan anda



4. Setelah anda selesai mengisi identitas testee dan juga jawaban testee silahkan lihat bagian hasil skoring dan cocokan sekali lagi dengan jawaban testee (menghindari salah Input)



5. Langkah terakhir adalah membaca hasil interpretasi software skoring EPPS







BAGI YANG BERMINAT DENGAN SOFTWARE SKORING EPPS SILAHKAN WHATSAPP KAMI

HARGA:


PAKET MANUAL EPPS : RP 40.000 (40 Ribu Rupiah)
Berupa Soal EPPS, BUKU MANUAL EPPS (Termasuk Cara skoring), FORMAT LEMBAR JAWABAN EPPS dan Alat skoring EPPS secara Manual (Tanpa memakai software)



PAKET SOFTWARE EPPS : RP 70.000 (70RB rupiah) (LENGKAP)
Berupa Soal EPPS, BUKU MANUAL EPPS (Termasuk Cara skoring) dan Alat skoring EPPS secara Manual (Tanpa memakai software) + SOFTWARE  SKORING EPPS

Ketik: EPPS_EMAIL  ANDA_PILIHAN PAKET

CONTOH: EPPS_Andre@gmail.com_PAKET SOFTWARE EPPS


SMS/WHATSAPP: 0857 1681 5101


Barang berupa softfile yang akan kami kirim via email 




EmoticonEmoticon