Thursday 24 August 2017

A-Z Tentang Mencari & Melamar Pekerjaan dari Jobseeker sampai jadi Employed

A-Z Tentang Mencari & Melamar Pekerjaan dari Jobseeker sampai jadi Employed

Anda JOBLESS atau JOBSEEKER?

Sering kali admin ditanya sama teman-teman pembaca yang masih Fresh Graduate dan juga agan agan yang sudah membeli Soal Psikotes UI IST mengenai seluk beluk supaya cepat dapat kerja diperusahaan bonafit. 

Kali ini admin bakal segala A-Z seluk beluk dan tips mencari info pekerjaan dan melamar pekerjaan bagi para rekan pencari kerja (JOBSEEKER). Sejujurnya yang di share ini merupakan hal umum yang sudah menjadi pengetahuan publik, tapi bagi yang belum tahu semoga bisa bermanfaat. Artikel ini admin tulis berdasarkan pengalaman beberapa tahun dibidang HRD khususnya bidang rekrutmen pegawai. 


PERSIAPAN TEMPUR:
Sebelum terjun ke medan persaingan kerja, jangan lupa mempersiapkan perbekalan dan amunisi. Ada beberapa amunisi dokumen yang perlu disiapkan untuk memenangi pertempuran. Untuk lebih jelasnya admin bakal jelasin satu persatu.

1. Curriculum Vitae (CV)

CV adalah lembaran berisi riwayat pendidikan dan pekerjaan serta catatan prestasi (menurut wikipedia). Tentunya ini udah tidak asing buat rekan2 sekalian, di luar sana ada banyak sekali bentuk CV, template, contoh CV yang bisa dijadikan sampel. Isikan data-data CV secara benar dan jujur.

 Yang harus diingat CV merupakan media yang akan memperkenalkan rekan2 sekalian kepada perusahaan yang dilamar. Buatlah CV semenarik mungkin namun tidak membuat bingung yang membacanya. INGAT CV jangan lebih dari 3 halaman. Isilah keterangan di CV sesuai dengan perusahaan dan bidang yang kamu lamar. Tidak perlu memasukan prestasi yang sama sekali tidak ada kaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. 





2. Surat Lamaran kerja / Application Letter
Saran admin untuk surat lamaran kerja, buatlah sesederhana dan langsung kepada pokok permasalahan (maksud dari surat lamaran), rekan2 sekalian dapat memperkenalkan & mempromosikan diri secara singkat. Jelaskan kelebihan dan kompetensi diri secara singkat jelas dan padat. Usahakan surat lamaran tidak lebih dari 1 lembar. Tuliskan alasan mengapa HRD harus memberikan kamu kesempatan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.


3. Fotocopy dokumen pendukung
Ada banyak dokumen pendukung yang biasanya diminta oleh perusahaan pencari tenaga kerja. Abang bakal list satu persatu :
  • Ijazah (persiapkan juga copy yang udah dilegalisir)
  • Transkrip kuliah (persiapkan juga copy yang udah dilegalisir)
  • KTP
  • Piagam Penghargaan (Bila ada)
  • SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian) bila diminta

Bila kamu melamar ke perusahaan multi nasional akan sangat mendukung bila dilengkapi dengan skor TOEFL/TOEIC atau IELTS.

4. Pas foto berwarna berbagai ukuran, biasanya yang diminta oleh perusahaan adalah yang ukurannya 2×3 , 3×4 atau 4×6, namun tidak ada salahnya mempersiapkan semuanya jaga2 jika diminta. Pas foto hendaknya diambil dengan pakaian formal (minimal kemeja dan dasi) dan rapi. Pas foto juga merupakan media yang dapat membuat perusahaan mengenal kita, jadi admin sarankan gunakanlah pas foto yang terbaik yang rekan2 punya.

Admin sarankan semua dokumen yang disebutkan diatas bisa rekan disiapkan lebih dari 3. 


Latihan Soal Psikotes

Dewasa ini, hampir semua perusahaan menggunakan Psychology Test/Tes Psikologi, TPA atau
psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan
dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. 

Karena faktor ini dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. 

Untuk Latihan Psikotes ini banyak perusahaan yang memanggil pelamar kerja untuk ujian psikotes serempak, ada pula yang melalui ONLINE.

Belakangan ini sudah banyak Perusahaan yang mempercayakan proses rekrutmen karyawan melalui Agensi Pihak ketiga (head Hunter dan Talent Management). Hal ini selain untuk menghindari KKN, juga menghemat biaya yang mesti dikeluarkan oleh perusahaan. Baik seleksi yang dilakukan langsung oleh perusahaan maupun pihak agensi selalu melalui proses saringan melalui Ujian Psikotes. Sebagai Standar, soal yang dipakai adalah model psikotes yang dikeluarkan oleh UI, yaitu IST, CFIT, EPPS, dll.  Soal Soal Psikotes tersebut sudah dapat dilihat di artikel dibawah ini:

Soal Jawaban Psikotes UI ISTSoal Jawaban Psikotes BLIT- SHLSoal Jawaban Psikotes GATSoal Jawaban Psikotes CFITSoal Jawaban Psikotes Raven SPMPembahasan psikotes DISC 

Ok. Amunisi udah disiapkan, latihan psikotes juga udah. Langkah selanjutnya adalah BERDOA.
BERDOA agar dipanggil untuk ikut tahap Psikotes dan Wawancara. Biasanya Psikotes dan Wawancara dilakukan sekaligus di hari yang sama.

Pada hari Psikotes dan Wawancara pakaian harus sesuai Dresscode dan sopan. Untuk Pria siapkan kemeja lengan panjang formal, celana kain (bahan), sepatu hitam formal (jangan sepatu sekolah ya bro) beserta kaos kakinya (klo bisa warna gelap), ikat pinggang formal. Untuk Wanita Bisa pakai Rok/Celana Panjang serta atasan formal.

Inget ... itu dresscode standart buat ngelamar kerja, tes kerja, interview dan lain sebagainya.

Saran admin hindari Atasan berwarna Hitam, karena terkadang dianggap bermakna negatif bagi HRD.

TENTUKAN TARGET OPERASI :
Ada banyak lahan yang bisa di observasi untuk mencari lowongan kerja. Paling banyak menurut admin tentunya di media web internet. Disini admin bakal share beberapa link web yang menyediakan informasi lowongan. Silahkan di cek sendiri, mana yang kiranya cocok dengan minat dan sesuai dengan kualifikasi rekan2 sekalian.

Ket: ** rekan sekalian bisa isi form online dan melamar secara online

Tahap Wawancara

Tahap ini adalah tahap menentukan berikutnya setelah ujian psikotes. Admin sudah berbagi berbagai tulisan artikel mengenai tahap ini, silahkan dibaca ya:

10 Contoh Cara Menjawab Soal Jebakan Wawancara Kerja

Tips Wawancara: Bohong saat Wawancara kerja? Apakah ketahuan?

Berbagi Pengalaman: Seleksi Psikotes dan Interview bank BCA






EmoticonEmoticon