Wednesday 11 September 2019

Psikotes 16 PF, Administrasi, Skoring dan membaca hasil

Psikotes 16 PF, Administrasi, Skoring dan membaca hasil


Mengenal Psikotes 16 PF


Tes 16 PF yaitu tes (Sixteen Personality Factor adalah psikotes (berjenis inventori) kepribadian yang dibuat oleh Raymond B. Cattel dengan tujuan memperoleh gambaran kepribadian seseorang baik yang normal (sehat jiwa/mental) ataupun normal bermasalah (ODMK=orang dengan masalah kesehatan jiwa) maupun yang Abnormal (gangguan jiwa patologis) maupun yang mengalami disabilitas (cacat= ketunaan) secara psikososial dan fisik.

Tes 16 PF digunakan untuk umur 16 tahun keatas dan yang kini dipakai di Indonesia merupakan hasil adaptasi dari 16 PF internasional. Tes ini memiliki 6 bentuk A,B.C.D.E dan F dengan total jumlah soal 187 butir untuk subjek dengan latar belakang akademis tinggi. Paling sering dipakai adalah 16 PF form C (yg paralel dengan form D) dengan jumlah soal sebanyak 105 butir. Form E digunakan untuk orang yang memiliki gangguan pendidikan dan membaca.



Kegunaan psikotes 16 PF


16 PF banyak digunakan untuk proses Mengukur kepribadian normal dengan kebutuhan rekrutmen karyawan baru, penerimaan mahasiswa baru, Tes masuk S2, tes kenaikan jabatan dan untuk tes standar bagi profesi profesi tertentu.

Meskipun tes 16 PF banyak dipakai mengukur kepribadian normal (bukan psikopatologi), psikotes tersebut sering dimanfaatkan untuk bidang konseling dan klinis karena kemampuannya memberikan gambaran keseluruhan dan mendalam terhadap diri seseorang, termasuk kelebihan dan kelemahannya.

Selain hal tersebut, tes 16 PF dan memberi fasilitas dialog antara psikolog dan kliennya, Hal ini dikarenakan 16 PF mampu merepresentasikan aspek umum dalam keseharian pasien sehingga dapat disharingkan dengan klien, selanjutnya akan memudahkan untuk berdiskusi, meningkatkan kesadaran diri dan membuat klien merasa aman dan nyaman sebagai partner dalam proses asessment dan terapi.


16 PF dapat mengetahui keadaan klien seperti pola berpikir, self-esteem, keterbukaan, toleransi, coping stres dan empati. Kesemua itu dapat digunakan dalam mengembangkan kerja sama dengan klien, memilih metode terapi yang sesuai dan merencanakan proses terapi yag efektif.

Selain itu 16 PF telah digunakan pula dalam berbagai bidang, dari industri seperti rekrutmen, promosi dan training hingga penelitian tentang sosial, proses penuaan dan militer.

Administrasi pelaksanaan tes 16 PF


Alat tes psikologi 16 PF membutuhkan material sebagai berikut:
1. Buku Soal Tes 16 PF Form C
2. Lembar Jawaban Tes 16 PF form C
3. Alat tulis dan penghapus
4.Norma Standar 16 PF form C
5. Sekarang dipakai Aplikasi untuk skoring 16 PF form C (yg manual sudah ditinggalkan)

Instruksi telah terdapat pada pengerjaan soal, namun demikian petugas bisa menjelaskannya kepada audiens sebelum tes dilaksanakan.

Proses SKORING 16 PF 

Dalam proses skoring digunakan Norma Standar berupa STEN SCORE (STANDARD TEN SCORE)
Dengan klasifikasi:

STEN 1-3 itu Rendah
STEN 5-6 itu rata rata
STEN 8-10 itu Tinggi

Untuk proses skoringnya apabila manual menggunakan Kunci Jawaban 1 dan 2, yang mana nanti akan didapat skor untuk melihat apa orang ini serius mengerjakan tes ataub tidak.

Apabila memakai Aplikasi maka tinggal menginput jawaban peserta kedalam aplikasi yang ada



Setelah diinput langsung keluar hasil interpretasi dari psikotes 16 PF



Bagi teman yang membutuhkan aplikasi Skoring 16 PF (Soal+lembar jawab+aplikasi skoring) bisa whatsapp saya dengan format:


NAMA_SKORING 16PF

Whatsapp ke 0857 -1681 -5101

tentunya tidak gratis namun tidak akan lebih mahal dari pada makan di restoran


EmoticonEmoticon